19 January 2010

tilt-shift effect

saya baru saja mengatahui teknik foto yg satu ini. dan waw, fascinating banget! (apasih)
bagi yg belom tau apa itu teknik tilt-shift silahkan klik disini.
bagi yg masih belom ngerti sama link diatas, coba klik yg ini.
bagi yg masih belom ngerti juga, yaudah saya jelasin pake bahasa indonesia aja, ngutip dari salah satu website di internet.

teknik foto ‘Tilt-shift’ menciptakan ilusi optik yang membuat gambar seolah-olah diambil dari model miniatur. Bagian luar foto yang tampak buram menciptakan trik bagi mata untuk mempersepsikan bagian yang tampak jelas merupakan bagian dari miniatur tersebut. Pada prinsipnya tilt-shift digunakan untuk mengubah perspektif dari sebuah gambar yang sering digunakan dalam fotografi arsitektur untuk memperbaiki ‘garis konvergen’.

tilt-shift biasanya mengacu pada miring dari lensa, relatif terhadap film atau sensor, sambil menggunakan aperture besar untuk menghasilkan yang sangat dangkal ruang fokusnya (very shallow DOF). Dengan kata lain, lensa dapat dimiringkan sedemikian rupa sehingga hanya sebagian kecil dari gambar dalam fokus yang tajam.

contoh gambar dari tilt-shift effect:



(click for more clearly)
gambar lainnya bisa diliat disini

tapi selain pake peralatan yang didesain khusus buat bikin efek ini (lensa tilt/shift), kita juga bisa ngerubah foto yang diambil pake lensa kamera biasa jadi keliatan kayak tilt-shift image, caranya dengan editing foto pake Adobe Photoshop.
ini beberapa situs tutorial nya:
www.tiltshiftphotography.net
www.visualphotoguide.com

hahaha geli sendiri baca postingan yg ini, berasa jualan (???)
oke semoga berguna dan menambah wawasan bagi kalian yg membaca.

5 comments: